Penulis / NIM
WIDYAWATI DAUD / 451410062
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
Widyawati Daud. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Everyone Is A Teachere Here Di SMA N 1 Dulupi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II Muhammad Kasim, S.T, M.T.
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Everyone Is A Teacher here pada mata pelajaran geografi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan mengambil subyek penelitian pada siswa yang ada di kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Dulupi yang berjumlah 18 orang pada tahun ajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini pelaksanaan tindakan kelas sebanyak dua siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes essay yang digunakan untuk melihat hasil belajar siswa pada akhir siklus, lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan kegiatan siswa yang melibatkan beberapa pengamat. Pada siklus I siswa yang tuntas adalah 55,56% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 44,44%, sehingga penelitian dilanjutkan siklus II menjadi 94,55% dan siswa yang tidak tuntas 5,56%. Nilai rata-rata pada siklus I adalah 74,66% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89,16% dan untuk ketuntasan klasikal pada siklus 1 mencapai 27,77% sedangkan pada siklus 2 menjadi 88,88%
Kata kunci : Everyone Is A Teacher Here. Hasil Belajar, SMA I Dulupi
Download berkas