SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRAWATI / 451410063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
ABSTRAK Fitrawati, 2014 . Meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode penilaian sejawat (Peer Assesment) pada mata pelajaran geografi (Suatu Penelitian di SMA Negeri 1 Anggrek). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Muh. Kasim, ST. MT. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode peer assesment pada mata pelajaran geografi. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas, dengan mengambil subjek penelitian pada siswa kelas X4 SMA Negeri 1 Anggrek yang berjumlah 26 orang pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian tindakan kelas ini mengacu pada model spiral dari Kemmis dan Taggart, penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus yang terdiri dari empat kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah angket, lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar penilaian sejawat dan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran yang melibatkan beberapa orang pengamat. Hasil yang diperoleh pada siklus I bahwa motivasi belajar siswa yang mencapai standar ketuntasan sebesar 53,85%. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas pada siklus I ini dapat dikatakan belum mencapai ketuntasan indikator kinerja yang telah ditetapkan, sehingga tindakan perlu dilanjutkan kesiklus selanjutnya. Tindakan yang belum terlaksana dengan baik disiklus 1 telah di perbaiki pada siklus 2, dalam hal ini indikator hasrat yang diperbaiki pada siklus 2. Setelah dilakukan tindakan pada siklus 2 motivasi belajar siswa telah mengalami peningkatan sebesar 93,21% artinya penelitian tindakan kelas ini telah berhasil dengan dilaksanakannya tindakan perbaikan pada siklus 2. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Peer Assesment dalam pembelajaran pada mata pelajaran geografi topik hidrosfer dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dikelas X4 SMA Negeri 1 Anggrek. . Kata kunci : Metode Peer Assesment, Model Cooperatif Learning,Motivasi belajar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011