Penulis / NIM
LIDYAWATI PAKAYA / 451410064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Lidyawati Pakaya. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Aktif Teknik Every Is a Teacher Here Dipadukan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kwandang. Skripsi. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd. dan pembimbing II Citron S. Payu, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar geografi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kwandang melalui model pembelajaran aktif teknik every one is a teacher yang dipadukan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa yang hasil belajarnya baik meningkat menjadi 19 orang (76%). Pada siklus II jumlah siswa yang hasil belajarnya baik meningkat menjadi 23 orang (92%).
Kesimpulan yakni model pembelajaran aktif teknik every is a teacher here dipadukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD maka hasil belajar geografi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kwandang dapat ditingkatkan.
Kata Kunci: Teknik Every One is A Teacher Here, STAD, Hasil Belajar
Download berkas