Penulis / NIM
RESILIA DATUNSOLANG / 451410068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
ABSTRAK
Resilia Datunsolang, 2017. "Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Metode The Power Of Two Pada Materi Lingkungan Hidup". Suatu penelitian pada kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Bintauna. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Prodi Pendidikan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo (UNG) 2017. Pembimbing I Dr. Sunarty S. Eraku, S.pd, M.Pd dan Pembimbing II Muh. Kasim, ST., MT
Penelitian ini adalah suatu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Bintauna. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode The Power of Two pada materi lingkungan hidup pada siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Bintauna Tahun Ajaran 2016-2017 yang berjumlah 20 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan mengikut sertakan seorang guru pengamat. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah 80 % dari siswa yang memperoleh nilai 75 keatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, 40% siswa yang memenuhi KKM dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80% siswa yang memenuhi KKM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode the power of two pada materi lingkungan hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Bintauna.
Kata Kunci : Hasil Belajar, The Power Of Two, Lingkungan Hidup
Download berkas