Penulis / NIM
ALDIRMAN S. PAWATA / 451410070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
Aldirman s Pawata, NIM: 451410070, Program Studi Pendidikan S1 Geografi, Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negri Gorontalo, Judul: Hubungan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS SMA Negeri I Paguyaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar Sisiwa Kelas X IPS di SMA 1 Paguyaman, Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung ke SMA Negeri 1 Paguyaman.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar. Sesuai dengan pengujian hipotesis maka disiplin belajar siswa memiliki indikasi positif pada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Harga determinasi r sebesar 19,4%, hal menunjukkan bahwa disiplin belajar siswa dengan hasil belajar siswa memiliki hubungan yang cukup sedang. Dengan persamaan regresi persamaan 8.913 + 0,564X Menujukkan bahwa setiap kenaikkan satu skor disiplin belajar siswa akan diikuti oleh peningkatan skor hasil belajar siswa sebesar 0,564 unit pada konstanta 8,913.
Kata kunci: Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar
Download berkas