Penulis / NIM
PRASTIKA OKA / 451410073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Prastika Oka. 2015. Deskripsi keterampilan membuka dan menutup guru pelajaran dalam pembelajaran geografi di Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Masri Kudrat Umar S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Nova E. Ntobuo S.Pd, M.Pd.
Keterampilan membuka dan menutup merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru pada jam pelajaran dan tidak hanya dilakukan oleh guru pada awal jam pelajaran dan menutup merupakan kegiatan atau aktivitas guru dalam mengakhiri inti pelajaran.penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, indikator yang diukur adalah menarik perhatian, menimbulkan motivasi, kehangatan dan semangat, memberi acuan, meningkatkan masalah pokok yang akan dilakukan, mengajukan pertanyaan, dan membuat kaitan.Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskrisipkan keterampilan membuka dan menutup 2) mengetahui aspek-aspek apa yang perlu diperbaiki agar keterampilan membuka dan menutup menjadi lebih baik. 3) mengetahui bagaimana solusi perbaikan aspek keterampilan membuka dan menutup guru. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu instrumen lembar observasi dan wawancara. berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dari 7 orang guru geografi diperoleh untuk indikator menarik perhatian kriteria yang menonjol adalah kriteria yang sangat baik yakni sebesar 46,93, menimbulkan motivasi mendapat kriteria sangat baik sebesar 51,02, kehangatan dan semangat kriteria sangat baik sebesar 69,38, memberi acuan kriteria sangat baik sebesar 22,44, meningkatkan masalah pokok yang akan dilakukan mendapat kriteria sangat baik sebesar 59,18, mengajukan pertanyaan mendapat kriteria sangat baik sebesar 91,83, membuat kaitan mendapat kriteria baik sebesar 63,27, meninjau kembali mendapat kriteria baik sebesar 42,86, mengevaluasi mendapat kriteria kurang yakni 38,78, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan dasar mengajar perlu ditingkatkan lagi mengingat masih ada aspek-aspek yang perlu diperbaiki dengan kategori kurang yakni indikator mengevaluasi, solusi untuk perbaikan aspek-aspek tersebut dapat dilakukan dimana guru harus bisa mengulang kembali materi yang sudah dijelaskan dengan menjelaskan materi secara jelas,tepat dan sesuai materi yang diajarkan sehingga siswa bisa memahami apa yang sudah dijelaskan oleh guru tersebut.
Kata Kunci : Keterampilan Membuka dan Menutup dan Pembelajaran Geografi
Download berkas