Penulis / NIM
PIPIT SANDRA PANEO / 451410083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Pipit Sandra Paneo. NIM. 451 410 083. "Efektivitas Penggunaan Perangkat Pembelajaran Berbasis Riset pada Mahasiswa Geografi di Universitas Negeri Gorontalo". Skripsi. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Matematika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Pembimbing Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd, danNova Elysia Ntobuo, S.Pd, M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan perangkat pembelajaran berbasis riset pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran (BDP) di Jurusan geografi Universitas Negeri Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah berbentuk deskriptif melalui pendekatan kuantitatif, dengan tujuan untuk mengetahui gambaran tentang aktivitas dan hasil belajar mahasiswa Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian (ITK) Prodi Geografi pada mata kuliah Belajar dan Pembelajaran (BDP) melalui pembelajaran berbasis riset.
Dari hasil menunjukkan bahwa hasil pengamatan terhadap keterlakanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh dosen selama pembelajaran berada pada kateogri baik, pengamatan kegiatan aktivitas dosen dalam proses pembelajaran berada pada kategori sangat baik dan baik, pengamatan aktivitas mahasiswa dalam menerima materi pembelajaran berada pada kategori sangat baik dan baik, dan motivasi mahasiswa dalam terhadap pembelajaran berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran berbasis riset di Jurusan Ilmu dan Teknologi Kubumian Program Studi Geografi Universitas Negeri Gorontalo, khususnya pada mahasiswa Geografi angkatan 2013 kelas B, sudah efektiv
Kata Kunci: Penggunaan Perangkat Pembelajaran dan Pembelajaran Berbasis Riset
ABSTRACT
Pipit Sandra Paneo. Student ID. 451 410 083. "Effectiveness of the Use of Research-Based Learning Tool on Students of Geography at State University of Gorontalo". Skripsi. Departement of Geo Sciences and Technology, Study Program of Geography Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo, 2016. The principal supervisor was Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd, and Co-supervisor was Nova Elysia Ntobuo, S.Pd, M.Pd.
The research aimed at investigating the effectiveness of using research-based learning tool in Teaching and Learning Subject at Department of Geography, State University of Gorontalo.
The method used in this research as descriptive method by having quantitative approach. The research aimed at investigating the description of learning activity and learning achievement of students at Department of Geography on Teaching and Learning subject through research-based learning model.
The research result showed that the learning implementation that was conducted by lecturer during learning process was in good category, the lecture's activity observation result was in excellent and good category, student's activity observation result was in excellent and good category, and learning motivation of students to the learning process was in excellent category. Thus,, it can be concluded that the of use research-based learning tool at the Department of Geo Science and Technology, Study Program of Geography, State University of Gorontalo particularly on the students of class B of 2013 academic year waseffective.
Key word : The Use of Learning Tool, Research-Based Learning
Download berkas