SKRIPSI

Penulis / NIM
EVAN / 451410085
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK Evan, 451410085 "Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran group investigastion pada mata pelajaran IPS khusunya pada materi penggunaan lahan SMP Negeri 1 Anggrek" Jurusan Ilmu Dan Teknilogi Kebumian Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Dr. rer.nat,Mohammad Jahja M.Si pembimbing (2) Citron S.Payu, S.Pd,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran mata pelajaran IPS khusunya pada materi penggunaan lahan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII1 SMP Negeri 1 Anggrek. Pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, Jumlah siswa yang diberi tindakan selama penelitian sebanyak 20 orang, terdapat 12 orang siswa perempuan dan 8 orang siswa laki-laki. Desain penelitian tindakan yang dipakai adalah model visualisasi Kemmisdan M.C Taggart dengan langkah-langkah penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Variabel penelitian yaitu : (1) Variabel Input (2) Variabel proses (3) Variabel output. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan selama penelitian adalah (1) Lembar pengamatan aktivitas guru (2) Lembar pengamatan aktivitas siswa (3) Tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay yang digunakan untuk melihat hasil belajar siswa diakhir siklus. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, pada siklus I siswa yang tuntas hanya 11 orang atau 55% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 9 orang atau 45%, sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan belajar sebanyak 16 orang atau 80% mendapat nilai tuntas, sedangkan 4 orang atau 20% mendapat nilai tidak tuntas. Sehingga hasil belajar siswa pada siklus II dapat dikatakan meningkat dan mencapai standar ketuntasan. Kata Kunci : Model Group Investigation (GI), Hasil Belajar, Penggunaan Lahan ABSTRACT Evan,451410085 " Increasing Student's Learning Achievement Through Applying Group Investigation Model On Land Use Material Of Social Science Subject In Smp Negeri 1 Anggrek ".Department Of Earth Science And Technology,Study Program Of Geography,Faculty Of Mathematics And Natural Sciences,Universitas Negeri Gorontalo.the pricipal supervisor was Dr.rer.nat. Mohammad Jahja.M.Si and co supervisor was Citron S. Payu S.Pd M.Pd. The reserch aimed at increasing student's learning achievement on land use material of social science subject.it was condcuted at class VII1 SMP NEGERI 1 ANGGREK IN EVEN Semester 2013/2014 academic year.there were 20 students who were treated consisted of 12 female students and 8 male students. The research design was visualization model kemmis and M.C Taggart consisted of planning,treatment,observation and reflection. variables were(1) input,(2) process and (3) output. (1) Research observation sheet of teacher's activities (2) observation sheet of student's activities (3) essay test containing of student's learning evaluation in order to obsever student's learning achievement at the end of the cycle. The research was conducted in two cycles such as there were 11 students or 55% who were categorized into complete and 9 students or 45% who were categorized into not complete in cycle I, so the research was required to meet cycle II. There were 16 students or 80% who were categorized into and 4 students or 20% who were categorized into not complete in cycle II. There fore, student's learning achievement in cycle II increased and achieved completion standard. Keywords : Group Investigation Model, Learning Achieveent.Land Use
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011