Penulis / NIM
SISKA R. M. TAID / 451410088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Siska R.M Taid. 2014. Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa Melalui Penerapan Reciprocal Teaching pada Mata Pelajaran Geografi (Suatu Penelitian di Kelas X SMA Negeri 1 Gorontalo). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Citron S. Payu, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gorontalo pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan metakognitif siswa dengan menerapkan reciprocal teaching pada mata pelajaran geografi kelas Xc3, dengan jumlah siswa 33 orang. Penelitian ini mengacu pada model Spiral dari Kemmis dan Taggart. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu instrumen angket metakognitif, lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Berdasrkan hasil tindakan pada siklus I dari 33 siswa yang dikenai tindakan hanya 12 siswa yang tuntas atau secara klasikal mencapai 36.36%, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas mencapai 33 siswa atau secara klasikal mencapai 100%. Karena terjadi peningkatan kemampuan metakognitif siswa dan memenuhi kriteria nilai yang sudah ditetapkan, maka penelitian diakhiri pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan reciprocal teaching dapat meningkatkan metakognitif siswa.
Kata Kunci : Metakognitif Siswa, Reciprocal Teaching.
Download berkas