Penulis / NIM
NOVA K. GANI / 451410090
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
ABSTRAK
Nova K Gani, Nim 451 410 090 "Kompetensi Pedagogik Dosen Geografi Ditinjau Dari Persepsi Mahasiswa".
Suatu penelitian yang dilaksanakan di Universitas Negeri Gorontalo. Programstudi Studi Pendidikan Geografi. Dibawah Bimbingan Dr. fitryane Lihawa, M. Si dan Nurfaika S. Si,M.Sc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kompetensi pedagogik dosen geografi ditinjau dari persepsi mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif pendekatan kuantitatif untuk menggambarkan kompetensi pedagogik dosen geografi ditinjau dari persepsi mahasiswa dengan kategori sangat baik, baik, cukup dan kurang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Dari hasil pengujian validitas yang telah dilakukan, maka item angket yang telah dibagikan kepada 54 responden adalah sebanyak 27 item angket yang valid (diterima). Dinyatakan valid (diterima) apabila rhitung â rtabel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik dosen. Selanjutnya dihitung skor persepsi mahasiswa terhadap kompetensi pedagogik dosen dalam bentuk persen. Setelah dihitung skor dari persepsi mahasiswa maka didapatkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap tiap indikator kompetensi pedagogik dosen berbeda-beda. Hal ini dibuktikan oleh persepsi mahasiswa terhadap hasil rata-rata persepsi yakni mencapai skor 56,84% berada di kategori cukup. Ini membuktikan bahwa tingkat kompetensi pedagogik dosen geografi yang ada di program studi pendidikan geografi cukup baik. dengan melihat hasil rata-rata persepsi yang diberikan mahasiswa dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik dosen geografi dapat diukur melalui persepsi mahasiswa.
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik dan Persepsi
Download berkas