Penulis / NIM
SULISTIANI DAUD / 451410092
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
ABSTRAK
Sulistiani Daud, 2015. Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa (suatu penelitian surfei dengan pendekatan korelasional siswa kelas XI ips SMA negeri I Paguyaman tahun pelajaran 2014-2015). Skripsi, program studi SI Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (1)
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Paguyaman. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Paguyaman. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan teknik korelasional. Dalam penelitan ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Paguyaman tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 81 siswa. Sebelum digunakan instrument penelitian di uji validitas dan reabilitasnya pada 34 org siswa. Analisis data penelitian ini dilakukan secara analisis deskriptif dan analisis inferensial. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi da korelasi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif anatara pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil temuan, maka disarankan kepada kepala sekolah, guru, dan pegawai perpustakaan agar lebih memperhatikan kondis dan kwalitas yang ada di dalam perpustakaan sehingga lebih memotifasi siswa untuk memanfaatkan perpustakaan dalam bidang pendidikan.
Kata kunci : Pemanfaatan Perpustakaan, Prestasi Belajar Siswa
Download berkas