Penulis / NIM
ISRAIL / 451410101
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Israil. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS-Terpadu Materi Geografi Di SMP Negeri 8 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Nawir Sune, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Daud Yusuf, S.Kom.,M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperiman yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS-Terpadu Materi Geografi Di SMP Negeri 8 Gorontalo.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa nilai thitung = 13.71. Sedangkan kriteria pengujian pada taraf signifikan = 0.05 dengan dk = n1 + n2 - 2 terima Ho jika -t(1-1/2)< thitung< t(1-1/2) dimana t(1-1/2) didapat dari daftar tabel distribusi t dengan dk = n1 + n2 - 2 dan peluang (1-1/2), untuk harga lainnya Ho ditolak. Sehingga diperoleh t(1-1/2(0,05)(31 + 30-2) t(0,975)(59) = 2.021. Oleh karena thitung lebih besar dari tdaftar dan thitung tidak berada pada daerah penerimaan yaitu= -2.021 sampai dengan + 2.021 maka hipotesis Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti terjadi perbedaan dalam hal hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran CLIS dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung. Oleh karena itu, hipotesis penelitian yang berbunyi: "Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS-Terpadu materi Geografi di SMP Negeri 8 Gorontalo" dinyatakan diterima.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Children Learning In Science, Hasil Belajar.
Download berkas