SKRIPSI

Penulis / NIM
NURLYATI / 451410104
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK Nurlyati. Nim. 451 410 104. Tahun 2014. Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Active College Ball terhadap hasil belajar siswa pada materi lingkungan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan terhadap hasil belajar siswa dengan melibatkan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Active College Ball dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kwandang, dan diambil dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen (XI IPS2) dan kelas kontrol (XI IPS3), penarikan sampel dilakukan dengan tehnik Cluster Random Sampling. Dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Post-Test Only Control Design. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang berupa test essay. Test essay ini yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu Post-Test. Secara statistik, data rata-rata skor hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Active College Ball dan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match di uji perbedaannnya dengan menggunakan ststistik uji t pada pengujian hipotesis. Dari pengujian hipotesis dapat diperoleh nilai rata-rata belajar siswa pada kelas eksperimen (X1) sebesar = 85.44 dan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol (X2) sebesar = 78.68 sehingga persentase hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan selisih sebesar 6.76, dari hasil ini diperoleh nilai thitung = 3.47 untuk = 0.05 diperoleh nilai tdaftar = 2.00, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Active College Ball dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Active College Ball
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011