SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRAHMAN / 451410106
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI (Suatu Penelitian Tindakan di SMA Negeri 1 Mananggu) Oleh 1Fitrahman, Asri Arbie*, Citron S. Payu** Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Program Studi S1 Pendidikan Geografi F. MIPA Universitas Negeri Gorontalo Email : Fitrahmangeo10@yahoo.com ABSTRAK Fitrahman, 451 410 106. Meningkatkan kemampuan metakognitif siswa melalui model pembelajaran kooperatif pada Mata Pelajaran Geografi (Suatu Penelitian di Kelas XI SMA Negeri I Mananggu). Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu Teknolologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 oleh Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing 2 oleh Citron S. Payu, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan metakonitif siswa. Adapun, siswa yang dikenai tindakan berjumlah 30 orang, pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini mengacu pada model Spiral dari Kemmis dan Taggart. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket metakognitif siswa, lembar pengamatan kegiatan siswa, lembar pengamatan kegiatan guru, dan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil tindakan pada siklus I, diperoleh rata-rata kemampuan metakognitif siswa secara kalsikal sebesar 4.2%, sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kemampuan metakognitif siswa meningkat menjadi 100%. Karena terjadi penigkatan kemampuan metakognitif siswa, maka penelitian diakhiri pada siklus II, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif learning dan pendekatan Pembelajaran Beriorentasi Aktivitas Siswa (PBAS) dapat meningkatkan kemampuan metakognitif siswa. Kata kunci : Metakognitif Siswa, Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa, Pembelajaran Koopreatif.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011