Penulis / NIM
MUHAMAD ASRUL ASMAR / 451410107
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Muh. Asrul Asmar, NIM. 451 410 107." Hubungan Lingkungan Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Geografi". Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara lingkungan belajar siswa dengan hasil belajar Geografi di SMA Prasetya Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, terdiri dari dua variabel yaitu lingkungan belajar siswa X dan hasil belajar Y, populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Prasetya Kota Gorontalo sebanyak 36 orang, sampel penelitian ini adalah seluruh populasi. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar di SMA Prasetya Kota Gorontalo. Nilai koefisien korelasi antara lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Prasetya Kota Gorontalo (r) sebesar 0.30 dengan determinasi (r2) 0.09 atau 9%. Pengujian hipotesis berdasarkan perhitungan koefisien korelasinya sangat berarti karena thitung lebih besar dari tdaftar. (1.841 >1.69 dan 1.31). Dengan demikian, dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar siswa dengan hasil belajar geografi.
Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Hasil Belajar.
Download berkas