Penulis / NIM
ARIFIN / 451410109
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Arifin. 2016. Hubungan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Tinangkung Utara Kabupaten Banggai Kepulauan. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fitriyane Lihawa, M.Si dan Pembimbing II Daud Yusuf, S.Kom, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Motivasi Belajar siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1
Tinangkung Utara tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah metode deskripsi Kuantitatif dan pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari siswa kelas XI IPS1, kelas XI IPS2 dan kelas XI IPS3. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar siswa yang dianalisis dengan menggunakan skala Likert dan nilai raport yang diambil sesuai dengan responden yang mengisi angket motivasi, sementara itu hasilnya diuji menggunakan uji korelasi dengan nilai r = 0.7054 lalu dilakukan uji-t yang sebelumnya dihitung melalui analisis normalitas dan homogenitas data hingga regresi linear. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai t hitung 6,134
sedangkan t tabel 1, 684 . Ini berarti Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa H1 yang menyatakan terdapat Hubungan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar di kelas. Semakin tinggi motivasi belajar siswa maka akan semakin menunjang prestasi belajar siswa di kelas
Kata Kunci : Motivasi Belajat, Minat Belajar, Prestasi Belajar
Download berkas