Penulis / NIM
SUSAN ARBABU / 451410111
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
ABSTRAK
Susan Arbabu. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Di SMA N 2 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Mursalin, M.Si dan Pembimbing II Muhammad Kasim, S.T, M.T.
Penelitian ini dilaksanakan berujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran geografi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan mengambil subyek penelitian pada siswa yang ada di kelas XI IPS3 SMA Negeri 2 Gorontalo yang berjumlah 34 orang pada tahun ajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini pelaksanaan tindakan kelas sebanyak dua siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes essay yang digunakan untuk melihat hasil belajar siswa pada akhir siklus, lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan kegiatan siswa yang melibatkan beberapa pengamat. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, pada siklus I siswa yang tuntas adalah 55,89% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 44,11%, sehingga penelitian dilanjutkan siklus II menjadi 85,28% dan siswa yang tidak tuntas 14,70%, dan untuk ketuntasan klasikal pada siklus 1 mencapai 58,88% sedangkan pada siklus 2 menjadi 85,3%
Kata kunci : Teams Games Tournament (TGT). Hasil Belajar, SMA Negeri 2 Gorontalo.
Download berkas