SKRIPSI

Penulis / NIM
ARIANI / 451410112
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK Ariani. 2014. Pengaruh Metode pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada mata Pelajaran Geografi Topik Lingkungan Hidup. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Suwawa. Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya termodifikasi dengankelas yang menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 menjadi populasi penelitian ini dan diambil dua kelas sebagai sampel, yang penarikan sampelnya menggunakan teknik ClusterRandomSampling. Kedua kelas diberikan tes sebanyak dua kali, yaitu Pretest dan Posttest. Hasil Pretest dan Posttestdiperoleh nilai rata-rata kemajuan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana pada kelas eksperimen adalah 25,59 dan rata-rata kemajuan hasil belajar siswa pada kelas kontrol adalah 20,59.Secara statistik untuk mengetahui sejauh mana skor kemajuan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya termodifikasi dengankelas yang menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya, di uji dengan menggunakan teknik uji statistika parametrik dengan statistika uji t.Hasil uji t, diperoleh nilai thitung = 3,402untuk = 0,05 diperoleh nilai tdaftar = 2,021 hal ini menunjukan bahwa H0ditolak dan terima H1. Dengan demikian bahwa hipotesis yang telah dirumuskan yaitu "Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya termodifikasidengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya". Kata Kunci : Metode Tutor Sebaya Termodifikasi, Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, Hasil Belajar.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011