SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRIYANTI / 451410113
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
ABSTRAK Fitriyanti. 2016. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sumber Daya Alam Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Outdoor Activity Di SMA Prasetya Gorontalo. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Prodi Pendidikan Geografi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Pembimbing I Prof.Dr.Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Tirtawati Abdjul, M.Pd. Penelitian ini adalah suatu penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS-2 SMA Prasetya Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Prasetya Gorontalo yang berjumlah 20 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar, lembar kegiatan guru, lembar pengamatan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I, dari 20 siswa yang mencapai nilai 75 keatas yaitu 40%, aktivitas guru 50% mendapat kriteria Sangat Baik dan Baik, aktivitas siswa 20% mendapat kriteria Sangat Baik dan Baik. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I belum mencapai indikator yang telah ditetapkan, sehingga tindakan dilanjutkan ke siklus II, karena untuk hasil belajar siswa dikatakan berhasil jika 75% mendapat nilai KKM yaitu 75 keatas, sedangkan untuk kegiatan guru dan siswa dikatakan tuntas jika 75% aspek yang dinilai mendapat nilai Baik dan Sangat Baik. Pada siklus II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 80%, kegiatan guru 94% mendapat kriteria Sangat Baik dan Baik, aktivitas siswa 95% mendapat kriteria Sangat Baik dan Baik. Peningkatan ini, menyebabkan tindakan pada siklus II terlaksana secara optimal dan tidak perlu dilakukan tindakan selanjutnya. Berdasarkan persentase tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Outdoor Activity dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Outdoor Activity, Sumber Daya Alam.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011