Penulis / NIM
HELDAWATI ANGGONA / 451410116
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Heldawati Anggona. NIM. 451410116. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered heads together (NHT) Uutuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Topik Biosfer. Jurusan fisika, prodi Geografi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo 2015. Tujuan dari penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif numberd heads together (NHT) pada mata pelajaran geografi topik biosfer Di SMA Negeri 1 Bolaang yang berjumlah 20 orang. Data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Kooperatif Tipe Nubered heads together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas XI IPS SMA Negeri I Bolaang pada mata pelajaran geografi topik biosfer, dengan hasil belajar siswa pada siklus I dari 20 orang siswa, hanya 7 orang yang tuntas yang mencapai kriteria ketuntasan sebesar 35 % dengan rata-rata nilai mencapai 54.23. Selanjutnya diperbaiki pada siklus II dari 20 orang siswa yang tuntas mencapai 18 orang sebesar 90 % dengan rata-rata nilai mencapai 90.6. Dengan demikian berdasarkan indikator keberhasilan yang di tentukan telah tercapai dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Kooperatif Tipe Nubered heads together (NHT)
Download berkas