SKRIPSI

Penulis / NIM
IRSAN / 451410120
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK Irsan. 2015 Deskripsi konsentrasi belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Prasetya Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Nawir Sune. M.Si dan Pembimbing II Daud Yusuf. S.Kom. M.Si. Penelitian ini merupakan studi deksriptif di SMA Prasetya Gorontalo yang meneliti tentang konsentrasi belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi pada kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai konsentrasi belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran geografi. Dalam penelitian ini dilibatkan tiga kelas sebagai objek penelitian. Seluruh kelas X di SMA Prasetya Gorontalo menjadi populasi pada penelitian ini dan diambil 20 orang sebagai sampel yang penarikan sampelnya menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan datanya menggunakan dua metode yaitu observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa konsentrasi perhatian peserta didik kelas X SMA Prasetya Gorontalo pada saat mengikuti pelajaran geografi cukup tinggi dengan kata lain pikiran dan perasaan para peserta terpadu dalam pelajaran. Pada saat mengikuti pembelajaran, peserta didik kelas X SMA Prasetya Gorontalo memiliki fokus pandangan yang baik dimana pandangan mereka tertuju pada sumber informasi dengan kata lain semua fikiran siswa terarah pada satu fokus pada saat pembelajaran. Pada saat mengikuti pelajaran geografi di kelas, peserta didik kelas X SMA Prasetya Gorontalo memiliki antusias yang tinggi baik itu dalam hal bertanya, mencari informasi tambahan pelajaran, memberikan pernyataan (statement) serta sambutan ekspresif dalam mengikuti pembelajaran. Pada saat mengikuti pelajaran geografi, peserta kelas X SMA Prasetya Gorontalo memiliki perhatian penuh pada pelajaran sampai proses belajar selesai. Jadi secara umum konsentrasi belajar geografi peserta didik kelas X SMA Prasetya Gorontalo dapat dikatakan baik. Kata - kata kunci : Deskripsi, konsentrasi belajar, geografi, SMA Prasetya, Gorontalo ABSTRACT Irsan. 2015. Description of students' concentration on geography subject in kelas X in SMA Prasetya Gorontalo. Skripsi. Study Program of Geography Education. Faculty of Mathematics and Natural Sciences. State University of Gorontalo. Supervisor; Dr. Nawir Sune, M.Si, and Co-Supervisor; Daud Yusuf, S.Kom, M.Si. This research is descriptive qualitative study in SMA Prasetya Gorontalo about students' concentration on geography subject in class X. the aim of this research is giving descriptions about students' concentration on geography subject in class X. This research took three classes as the object of the research. All students on class X become the population of this research and for 20 student as sample. This research use purposive sampling technique and it used observation and interview in collecting the data. The result of this research that the concentration of students on geography subject is quite high, in other way they are integrated, focus and enthused on geography subject. They have high curiosity on finding the new information, giving questions and statements and expressive on following the geography subject. They have full attention during the process of the subject. In generally, students' concentration on geography subject are better. Keywords; Description, learning concentration, geography, SMA Prasetya Gorontalo
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011