SKRIPSI

Penulis / NIM
INDRIA SOMPAH / 451410125
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Abstrak
Indria Sompah, NIM 451 410 125 , 2016. Skripsi, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Mengintegrasikan Model Pembelajaran Numbered Head Together dan Pictute and Picture Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas X SMA Negeri 1 Tapa. Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Yoseph Paramata, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Dr. Sunarty S. Eraku, M. Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengintegrasikan model pembelajaran Numbered Head Together dan Picture and Picture pada mata pelajaran Geografi di kelas X SMA Negeri 1 Tapa. Data diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar aktivitas guru. Hipotesis tindakan adalah Jika menggunakan integrasi model pembelajaran Numbered Head Together dan Picture and Picture maka hasil belajar siswa pada materi Litosfer di kelas X SMA Negeri 1 Tapa akan meningkat. Jumlah siswa yang dikenai tindakan yaitu 22 orang siswa kelas X SMA Negeri 1 Tapa tahun ajaran 2016-2017. Indikator keberhasilan untuk hasil belajar apabila secara klasikal 75% jumlah siswa mendapat skor minimal 75. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan dari 22 orang siswa ada 9 orang siswa atau 41% memperoleh skor minimal 75, sedangkan 13 orang siswa atau 59% memperoleh skor kurang dari 75. Ini menunjukkan bahwa presentase keberhasilan pada siklus I belum mencapai indikator ketuntasan yang ditetapkan. Sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II. Kekurangan-kekurangan pada siklus I selanjutnya diperbaiki dan disempurnakan pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan dari 22 orang siswa ada 18 orang siswa atau 82% memperoleh skor minimal 75, sedangkan 4 orang siswa atau 18% memperoleh skor kurang dari 75. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran geografi akan meningkat jika menggunakan integrasi model pembelajaran Numbered Head Together dan Picture and Picture. Kata Kunci : Hasil Belajar , Numbered Head Together dan Picture and Picture, Litosfer
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011