SKRIPSI

Penulis / NIM
RISKI / 451410126
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
Riski. 2015. " Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 1 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo". Fakultas Matematika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi, dibawah bimbingan Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dengan Tirtwaty Abdjul, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan Model Pembelajaran InquiriTerbimbingdengan hasil belajar siswa yang menggunakaan Model Pembelajarankooperati Tipe Examples Non examples di SMA Negeri 1 Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Anggrek, dengan di ambil dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen (XI IPS1) dan kelas kontrol (XI IPS2), penarikan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling Desain penelitian ini menggunakanPost-test Only Control Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang berupa test essay. Test essay ini diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu Post Test. Secara statistik, skor rata-rata hasil belajar geografi pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Terbimbing dan kelas yang menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples di uji perbedaannya dengan menggunakan statistik uji t. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai (thiting= 4.32> ttabel= 2.00), dengan demikian H0 ditolak H1 diterima. Demikian pula terlihat pada rata-rata hasil belajar geoggrafi yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Terbimbing yakni lebih tinggi 69.862 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples yakni 64.3. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar geografi antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Terbimbing dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Geografi di SMA Negeri 1 Anggrek
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011