Penulis / NIM
SRIWANDI HASIM / 451410129
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
ABSTRAK
Sriwandi Hasim. 2017 deskripsi kendala mahasiswa prodi pendidikan geografi dalam proses perkuliahan universitas negeri gorontalo.Skripsi, Program Studi S 1 Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Alam, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Dr.Hj. Sunarty S Eraku, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Eng Sri Maryati, S.Si.
Kendala mahasiswa untuk memecahkan masalah merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk memecahkan adalah melalui variasi proses perkuliahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, indikator tersebut adalah fasilitas belajar, kesulitan belajar, media belajar, metode belajar, motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kendala mahasiswa. 2) Untuk mengetahui kendala mahasiswa dalam proses perkuliahan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu instrumen observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dari 39 mahasiswa geografi diperoleh untuk indikator bahwa kendala mahasiswa Program Studi pendidikan Geografi dalam proses perkuliahan Universitas Negeri Gorontalo adalah fasilitas seperti LCD dan ruang kuliah, kemudian padatnya kerja dosen yang mengakibatkan perkuliahan tertunda serta waktu kuliah yang masih terlalu pagi. Kemudian penyebab kendala-kendala tersebut adalah kurangnya perhatian pihak jurusan, lokasi pembangunan yang sempit, kemudian perpindahan jurusan yang awalnya dari jurusan fisika menjadi jurusan ITK.
Kata Kunnci : Kendala, mahasiwa dan proses perkuliahan
Download berkas