Penulis / NIM
YULIANTRIS FRIDAYANI ALIM / 451410131
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
ABSTRACT
Yuliantris Fridayani Alim 2014, The Validation of Comical Geography Learning in Hydrosphere Material. Study Program of Geography Education, Departemen of Physics, Universitas Negeri Gorontalo. The principal supervisior is Dr. Fitryane Lihawa, M.Si, and the co-supervisior is Muh. Kasim, S.T, M.T.
This research aims to obtain information about the validation of comical geography learning in hydrosphere material is developed. The method applied is a descriptive analysis method. The population as well as the sample is all the students of SMA Negeri 2 Gorontalo class of 2013-2014. This is a mix-method research using simple formula. The result concludes that the comic validation from some experts produce a validated hydrosphere comic. The students respon toward the hydrosphere comic in limited test shows that students interest is 80% and students interest is 80%. Where as their respon using general test shows that students interest is 64,91% and students motivations is 71,05%. This means the students interest and motivation toward hydrosphere comical learning is very good.
Keywords: Validation, Comical Learning Media
ABSTRAK
Yuliantris Fridayani Alim 2014, Validasi Media "Komik Pembelajaran Geografi" pada Materi Hidrosfer. Program studi S1. Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Fitryane Lihawa M.Si dan Pembimbing II Muh Kasim S.T, M.T.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana validasi media komik pembelajaran geografi materi hidrosfer yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Populasinya adalah seluruh siswa SMA Negeri 2 Gorontalo T.A 2013-2014 dengan seluruh populasi menjadi sampel. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan perhitungan sederhana. Hasil penelitian pada tahap validasi komik dari beberapa tim ahli menghasilkan media komik hidrosfer yang sudah tervalidasi. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan komik hidrosfer pada uji coba terbatas minat sebesar 80% dan motivasi sebesar 80% sedangkan pada uji coba general minat sebesar 64,91% dan motivasi sebesar 71,05%. Hal ini menunjukan perwujudan minat dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan media komik hidrosfer sangat baik.
Kata Kunci: Validasi, Media Pembelajaran Komik
Download berkas