Penulis / NIM
INDRA K. SULEMAN / 451410140
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Abstrak
ABSTRAK
Indra K.Suleman, NIM.451 410 140. Judul Penelitian "Hubungan Penilaian Siswa Terhadap Kompetensi Guru IPS Dengan Hasil Belajar Geografi Di MTs Al-Khairaat Kwandang" Dibawah bimbingan: Bapak Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd selaku Pembimbing I dan Ibu Dr.Sunarti S. Eraku, M.Pd selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan signifikan positif antara penilaian siswa terhadap kompetensi guru IPS dengan hasil belajar Geografi di MTs Al-Khairaat Kwandang. Pelaksanaan penelitian berlangsung selama 3 bulan, terhitung dari bulan April sampai dengan bulan Juni 2014, yang mencangkup semua langkah-langkah penelitian mulai dari persiapan sampai pelaksanaan penelitian.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan dua variabel yang diteliti, yaitu variabel bebas (penilaian siswa terhadap kompetensi guru IPS) dan variabel terikat (hasil belajar geografi). Teknik sampling diambil 20% dari seluruh jumlah populasi, sehingga responden yang terpilih berjumlah 30 siswa. Pengambilan sample dengan cara menggunakan metode proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data diambil menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh koefisien korelasinya thitung sebesar 1.539 dan tdaftar diperoleh 2.462 dan 1.699 ternyata thitung lebih besar dari tdaftar (1.539 > 2.462 dan 1.699), sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Maka hipotesis dalam penelitian ini adalah "Terdapat Hubungan Signifikan Positif Antara Penilaian Siswa Terhadap Kompetensi Guru IPS Dengan Hasil Belajar Geografi di MTs Al-Khairaat Kwandang" dapat diterima.
Kata Kunci : Penilaian Siswa, Kompetensi Guru IPS, Hasil Belajar Geografi
Download berkas