Penulis / NIM
SYARIFUDDIN TATENGKENG / 451410144
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
SyarifuddinTatengkeng,2015. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui implementasi metode pembelajaran brainstorming (curah pendapat / gagasan) pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Totikum (suatu penelitian tindakan di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Totikum).Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I olehProf. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II oleh Nova Elysia Ntobuo, M.Pd
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan metode pembelajaran brainstorming. Penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas model spiral Kemmis dan Taggart, dilaksanakan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar pengamatan aktivitas guru, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I, dari 30 siswa yang mencapai nilai 75 keatas yaitu 60%, aktivitas siswa 43.33% mendapat kriteria baik dan sangat baik, aktivitas guru 53.33% mendapat kriteria baik dan sangat baik, keterlaksanaan pembelajaran 63.64% mendapat kriteria baik dan sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa tindakan pada siklus I belum mencapai indikator ketuntasan yang sudah ditetapkan, sehingga tindakan dilanjutkan ke siklus II, karena untuk hasil belajar siswa dikatakan berhasil jika 80% mendapat nilai KKM yaitu 75 keatas, sedangkan untuk aktivitas siswa, aktivitas guru dan keterlaksanaan pembelajaran dikatakan tuntas jika 80% aspek yang dinilai mendapat nilai baik atau sangat baik. Pada siklus II, hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 90%, aktivitas siswa 96.66% mendapat kriteria baik dan sangat baik, aktivitas guru 93.33% mendapat kriteria baik dan sangat baik, keterlaksanaan pembelajaran 95.44% mendapat kriteria baik dan sangat baik. Peningkatan ini, menyebabkan tindakan pada siklus II terlaksana secara optimal dan tidak perlu dilakukan tindakan selanjutnya. Berdasarkan persentase tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Pembelajaran Brainstorming, Sumber Daya Alam.
Download berkas