Penulis / NIM
SUSILAWATI DJ. BONDE / 451410148
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
ABSTRAK
Susilawati Dj Bonde. NIM.451 410 148. "Pengaruh Penerapan Keterampilan Memberi Penguatan oleh Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi di SMA negeri 2 Dumoga. Kabupaten Bolaang Mongondow. Skripsi. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Program Studi Geografi. Fakultas Mate-matika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Pembimbing (1) Dr.Fitryane Lihawa, M.Si dan (2) Muh. Kasim. ST. MT.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan keterampilan memberi penguatan oleh guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Dumoga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterampilan penguatan terhadap motivasi belajar siswa pada kelas X1 dan kelas X2 di SMA Negeri 2 Dumoga. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas untuk mengetahui apakah data tersebut berdistribusi normal atau tidak dan uji homogen varians bertujuan untuk menguji kesamaan rata-rata dua varians dengan menggunakan teknik uji kesamaan dua varians dengan statistik uji F. Sedangkan pengujian hipotesis berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = 2,35 dan ttabel = 1,67, dilihat dari hasil tersebut bahwa thitung lebih besar dari ttabel dan berada di luar penerimaan H0. Dengan demikian dapat di katakan bahwa H0 di tolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara penerapan keterampilan memberi penguatan verba dan penguatan non verbal dan keterampilan memberi penguatan verbal (kata-kata) dan penguatan gestural (mimik yang cerah) terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Keteranpilan Penguatan dan Motivasi Belajar Siswa
ABSTRACK
Susilawati DJ Bonde, Student ID. 451 410 148 " The Influence of the Implementation of Reinforcement Skill of The Teacher toward Learning Motivation of Students on Geographic Subject in SMA Negeri 2 Dumoga, District of Bolaang Mongondow. Skripsi, Departemen of Earth science and Technology, Study Univer sitas Negeri Gorontalo, 2014. The principal supervisor was Dr. Fitryane Lihawa, M.Si and the Co-supervisor was Muh.Kasim, ST.MT. The research investigated the implementation of reinsforment skill of the teacher toward learning motivation of students on Geographic subject in SMA Negeri 2 Dumoga. The research applied quantitative method to investigate the influence of the implementation of reinforcement skill of the teacher toward learning motovation of students in class X and X2 of SMA Negeri 2 Dumoga. The normality test was applied as technique of data analysis ti find out whether the data were distributed normally or not, and variant homogeneus test was applied to test equality of two variances by using two equal variances test with f test statistical. Whereas, for the hypothesis, the result gained the value of tcount 2,35 and ttable = 1,67 which showed that tcount was higher than ttable and it was out of H0 acceptance area. Thus, it can be stated that H0 was rejected and H1 was accepted. Therefore, it can beconcluded that there was significant influences of the implementation of verbal reinforcement skill (words) and gestural reinforcement skill (brigth mime) toward learning achivement of students.
Keywords: Reinforcement Skill and Learning Motivation of Students
Download berkas