SKRIPSI

Penulis / NIM
ABDURAHMAN MUSA / 451410157
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK Abdurahman Musa. 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Peta Konsep (Concept Mapping) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Atmosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan di SMA Negeri 1 Biluhu. Pembimbing I Dr. Sunarty S. Eraku, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Daud Yusuf S.kom, M.Si. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dimana bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada dua kelas yang berbeda yaitu kelas yang menggunakan metode peta konsep (concept mapping) dengan kelas yang menggunakan metode diskusi. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Biluhu dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Penggumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrument tes dengan bentuk tes uraian. Tes masing-masing diberikan pada siswa yang yang berada pada dua kelas yang menjadi sampel yakni yang berada di kelas eksperimen dan di kelas kontrol sebanyak 2 kali yaitu pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan. Secara statistik data rata-rata skor kemajuan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode peta konsep (kelas eksperimen) dan kelas yang menggunakan metode diskusi (kelas kontrol) diuji perbedaan menggunakan teknik uji t untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode peta konsep (kelas eksperimen) dan kelas yang menggunakan metode diskusi (kelas kontrol) dan uji Gain ternormalisasi untuk kemajuan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh bahwa thitung > ttabel yakni thitung = 6,1458 dan ttabel = 2.000, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran peta konsep (concept mapping) dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran diskusi untuk uji gain sendiri diperoleh hasil pada kelas yang menggunakan metode peta konsep (kelas eksperimen) sebesar 0,60 dan pada kelas yang menggunakan metode diskusi (kelas kontrol) sebesar 0,45, sehingga disimpulkan bahwa kemajuan hasil belajar siswa yang menggunakan metode peta konsep (concept mapping) lebih tinggi dibandingkan kelas yang menggunakan metode diskusi meski secara empiris masih termasuk indeks gain kategori sedang. Kata kunci : Metode Peta Konsep, Metode diskusi, Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011