Penulis / NIM
DIANA BAJUKA / 451410161
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
ABSTRAK
Diana Badjuka. 2014. Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournaments (TGT) dan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar siswa Dalam Mata Pelajaran Geografi Materi Biosfer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD). Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Tibawa tahun ajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI di SMAN 1 Tibawa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 52 orang yang terdiri dari dua kelas, yakni kelas eksperimen berjumlah 27 orang dan kelas control berjumlah 25 orang. Instrumen penelitian menggunakan tes essay. Hasil penelitian diperoleh melalui posttest, dengan rata-rata skor pada kelas eksperimen mencapai 43,0% dan kelas control mencapai 40,4%. pengujian hipotesis dengan menggunakan t-tes menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu1,675 1,875 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisons (STAD). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have (QSH) dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Kata kunci : Team Games Tournament (TGT), Student Team Achievement Divisions (STAD) dan Hasil Belajar
Download berkas