Penulis / NIM
FANTRI KARIM / 451410162
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
ABSTRAK
Fantri Karim. 2014. Nim 451410161. Fantri Karim. 2014. Nim 451410161. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Refleksi Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Topik Pelestarian Lingkungan Hidup. Suatu penelitian di kelas XI IPS2 SMA Prasetya Gorontalo. Skripsi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, prodi Geografi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo 2014. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas yang menggunakan refleksi dalam pembelajaran. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI IPS2 SMA Prasetya yang berjumlah 14 orang. Data diperoleh dengan menggunakan angket motivasi belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, bahwa penggunaan refleksi siswa dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas XI IPS2 SMA Prasetya pada mata pelajaran geografi topik pelestarian lingkungan hidup. Hasil motivasi belajar siswa pada siklus I, yakni dari 14 siswa hanya 3 siswa yang tuntas sebesar 21.42% Selanjutnya diperbaiki pada siklus II dari 14 siswa yang tuntas 13 siswa sebesar 92.86%. Dengan demikian berdasarkan indikator keberhasilan yang ditentukan telah tercapai, dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya.
Kata Kunci : Motivasi Belajar Siswa. Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan Refleksi.
Download berkas