Penulis / NIM
LISDAWATI DETI / 451410165
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
ABSTRAK
Lisdawati Deti. 451 410 165. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Atmosfer (Suatu Penelitian Eksperimen di kelas X MAN Tilamuta Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo)". Skripsi. Jurusan Ilmu Teknologi dan Kebumian. Program Studi Geografi. Fakultas Matematika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Pembimbing (1) Bapak Dr. Nawir Sune, M.Si dan pembimbing (2) Ibu Dr. Eng. Sri Maryati, S.Si . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe question student have (QSH) dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Tilamuta tahun ajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X di MAN Tilamuta. Sampel pada penelitian ini berjumlah 38 orang yang terdiri dari dua kelas, yakni kelas eksperimen berjumlah 20 orang dan kelas kontrol berjumlah 18 orang. Instrumen penelitian menggunakan tes essay. Hasil penelitian diperoleh melalui posttest, dengan rata-rata skor pada kelas eksperimen mencapai 38,3 dan kelas kontrol mencapai 36,31. Uji hipotesis menggunakan uji t yaitu sebesar t = 2,21 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have (QSH) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have (QSH) dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Kata kunci , Question Student Have (QSH) dan Hasil Belajar
Download berkas