Penulis / NIM
SRI VANI OLII / 451410171
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. YOSEPH PARAMATA, M. Pd / 0015086106
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Sri Vani Olii. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learnig Tipe Group Investigation Diintegrasikan Dengan Metode Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Materi Pedosfer Di SMA Negeri 1 Limboto. Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Bapak Prof. Dr. H. Yoseph Paramata, M.Pd, dan Ibu Nova Ntobuo, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation diintegrasikan dengan metode Make a Match dan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian menggunakan Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Limboto. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation diintegrasikan dengan metode Make a Matchpada kelas eksperimen dan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation pada kelas kontrol. Hal ini nampak pada rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation diintegrasikan dengan metode Make a Match yakni 77,17 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation yakni 56,06. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh bahwa t hitung > t tabel yakni t hitung = 10.518 dan t tabel = 1.9613 , denga demikian Ho ditolak dan Hi diterima. Penggunaan model pembelajaran yang signifikan pada hasil belajar siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation diintegrasikan dengan metode Make a Match dapat menciptakan keterampilan serta kreatifitas siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan pembelajaran geografi khususnya pada pokok bahasan Pedosfer.
Kata Kunci :model pembelajaran Cooperative Learning tipe Group Investigation. Metode Make a Match. Hasil Belajar Siswa
Download berkas