SKRIPSI

Penulis / NIM
ISMAIL IDRUS / 451411005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
ABSTRAK Ismail Idrus, 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berfikir Krtitis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Topik Lingkungan Hidup. Suatu Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas XI MA Darul Ulum Toili, Skripsi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing 2 Muh. Kasim, ST, MT. Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan model Pembelajaran Berbasis Masalah, yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan Kemampuan Berfikir Krtitis Siswa pada kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan kelas yang menggunakan model pengajaran langsung. Seluruh siswa kelas XI MA Darul Ulum Toili pada semester genap tahun ajaran 2014-2015 menjadi populasi pada penelitian ini serta diambil dua kelas sebagai sampel. Penarikan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Kedua kelas diberkan tes sebanyak dua kali, yang pertama pretest dan yang kedua posttest. Hasil pretes dan posttes diperoleh nilai rata-rata kemampuan berfikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana pada kelas eksperimen adalah 24,35 dan rata-rata kemampuan berfikir kritis siswa pada kelas kontrol adalah 21,52.Secara statistik untuk mengetahui sejauh mana skor kemampuan berfikir kritis siswa pada kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan kelas yang menggunakan model pengajaran langsung, diuji dengan menggunakan teknik uji statistika parametrik dengan statistika uji t. hasil uji t diperoleh nilai thitung =5,836 untuk = 0,05 diperoleh nilai tdaftar = 2,021 hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian bahwa hipotesis yang telah dirumuskan yaitu "Terdapat perbedaan kemampuan berfikir krtitis siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan kelas yang menggunakan model pengajaran langsung". Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Model Pengajaran langsung, dan Kemampuan Berfikir Krtitis Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011