Penulis / NIM
SERLIN / 451411008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
PENGARUH PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS MUHAMMADIYAH BULULI
Serlin, Nawir Sune*, Ahmad Zainuri**
Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian
Program Studi S1 Pendidikan Geografi
email: geografi.serlin@yahoo.com
ABSTRAK
Serlin, 2015. Pengaruh Penerapan Model Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Kelas VIII Di MTs Muhammadiyah Bululi. Skripsi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Nawir Sune,M.Si Pembimbing II Ahmad Zainuri, S.Pd, MT
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada topik lingkungan hidup. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Bululi tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah kelasVIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas kontrol. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain Posttest-Only Control Design. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrument tes essay. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil uji normalitas dan homogenitas kedua kelompok berdistribusi normal dan homogen. Serta hasil pengujian hipotesis di dapatkan t_hitung > t_tabel yaitu 2,534 > 1,96955 artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada topik Lingkungan hidup di kelas VIII MTs Muhammadiyah Bululi.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Snowball Throwing, Hasil Belajar
Download berkas