Penulis / NIM
IKRAM MUSA / 451411016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD KASIM, S.T., M.T / 0015097706
Abstrak
ABSTRAK
Ikram Musa, 2015 . Meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan Project method pada mata pelajaran geografi (Suatu Penelitian di MA Almubarq Marisa). Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II Muh. Kasim, ST. MT.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan Project Method pada mata pelajaran geografi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas, dengan mengambil subjek penelitian pada siswa kelas X2 MA Almubaraq Marisa yang berjumlah 17 orang pada tahun ajaran 2014/2015. Penelitian tindakan kelas ini mengacu pada model spiral dari Kemmis dan Taggart. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pelaksanaan tindakan kelas sebanyak dua siklus yang terdiri dari empat kali pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran yang melibatkan beberapa orang pengamat. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh pada siklus I bahwa motivasi belajar siswa yang mencapai standar ketuntasan sebesar 29.41%, hal ini menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas pada siklus I ini dapat dikatakan belum mencapai ketuntasan indikator kinerja yang telah ditetapkan, sehingga tindakan perlu dilanjutkan kesiklus selanjutnya atau siklus II. Tindakan yang belum terlaksana dengan baik disiklus I telah di perbaiki pada siklus II, setelah dilakukan tindakan pada siklus II motivasi belajar siswa telah mengalami peningkatan sebesar 94.11 % dan untuk hasil analisis data aktivitas siswa, aktivitas guru, dan keterlaksanaan pembelajaran pada siklus II ini telah mengalami peningkatan yang artinya penelitian tindakan kelas ini telah berhasil dengan dilaksanakannya tindakan perbaikan pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Project Method dalam pembelajaran pada mata pelajaran geografi topik hidrosfer dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dikelas X2 MA Almubarq Marisa pada tahun ajaran 2014/2015.
Kata kunci : Project Method, Model Cooperatif Learning, Motivasi belajar
Download berkas