Penulis / NIM
YUNIRWAN / 451411019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
Yunirwan. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio-visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi dengan Pokok Bahasan Pedosfer (Suatu Penelitian di Kelas X MA Darul Ulum Toili, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah). Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbig II Daud Yusuf, S.Kom, M.Si.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media Audio-visual dan kelas yang menggunakan media Power Point. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MA Darul Ulum Toili, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Pegumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan instrument tes. Tes diberikan kepada siswa yang berada di kelas eksperimen dan di kelas kontrol sebanyak 2 kali yaitu pretest dan posttest. Secara statistic data rata-rata skor kemajuan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media audio-visual(kelas eksperimen) dan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media power point (kelas kontrol) diuji perbedaan menggunakan teknik uji t untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang antara hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media audio-visual (kelas eksperimen) dan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media power point (kelas kontrol) dan uji Gain ternormalisasi untuk kemajuan hasil belajar siswa. Berdasarkan statistic pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang antara hasil belajar siswa yang menggunakan media audio-visual dan hasil belajar siswa yang menggunakan media power point, kemudian pengujian Gain ternormalisasi didapat hasil pada kelas yang menggunakan media audio-visual (kelas eksperimen) sebesar 0,52 dan pada kelas yang menggunakan media power point (kelas kontrol) sebesar 0,31, sehingga disimpulkan bahwa kemajuan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media audio-visual (kelas eksperimen) dan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media power point (kelas kontrol) termasuk dalam kategori sedang, tetapi secara empiris dalam hal hasil belajar siswa kelas yang menggunakan media audio-visual lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media power point.
Kata Kunci: Audio-visual, Power Point, Hasil Belajar Siswa
Download berkas