Penulis / NIM
HARTATI S. TOGILA / 451411021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
ABSTRAK
Hartati S. Togila, 2018. NIM. 451411021. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Menggunakan Media Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi, Skripsi, Prodi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd, Pembimbing II Daud Yusuf, S.Kom, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media Lingkungan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif pada Mata Pelajaran Geografi. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Biau dan yang dijadikan sampel sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XI IPS 1 dan dijadikan sampel kelas kontrol yaitu kelas XI IPS 2. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes uraian. Skor rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media Lingkungan adalah X ...1 = 76,31 dan skor rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif adalah X ...2 = 65,46. Selanjutnya data di uji normalitasnya dan homogenitas dengan menggunakan chi-kuadrat = 0,05, dengan hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yakni thitung = 3,28 dan ttabel = 2,01 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan pengujian statistik disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media Lingkungan dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif.
Kata Kunci: Problem Based Learning, media Lingkungan, Kooperatif, Hasil Belajar.
ABSTRACT
Hartati S. Togila, 2018. Student ID 451411021. The Influence of Problem Based Learning Model through Applying Environment Media on Student's Learning Achievement at Geography Subject. Skripsi, Study Program of Geographic Education, Department of Earth Science and Technology, Faculty of Mathematics and Natural Science. The principal supervisor is Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd and Co- supervisor is Daud Yusuf, S.Kom, M.Si.
This research aims to investigate whether or not there is a difference of student's learning achievement at a class that applies Problem Based Learning and Environment media and one that applies Cooperative learning model at Geography subject. Research population is all students of SMA Negeri 1 Biau while its sample as the experimental class is class XI of Social Science1 and the control class is class XI of Social Science2. Research instrument uses essay test. The research finding is that average score of students learning achievement that applies Problem Based Learning model with Environment Media is X1 = 76,31 and the class that applies cooperative model is X2 = 65,46. Then, normality and homogeneity tests employ chi-quadrate of = 0,05 and it obtains hypothesis namely tcount for 3,28 > ttable for 2,01. Therefore, it rejects H0 and accepts H1. In brief, there is a difference of student's learning achievement that applies Problem Based Learning with environment media and those that apply Cooperative learning model.
Keywords: Problem Based Learning, Environment Media, Cooperative, Learning Achievement
Download berkas