Penulis / NIM
IRAWATI S. AMAS / 451411023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
IrawatiS. Amas, 2016. Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi hidrosfer, skripsi, prodi pendidikan geografi, jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Universitas Negri Gorontalo.Pembimbing I Dr. MasriKudrat Umar M.Pd, Pembimbing II Ahmad Zainuri, S.Pd, M.T
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi khususnya pada materi hidrosfer yang diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Populasi pada penelitian ini adalah jumlah keseluruhan siswa kelas XIPS SMA Negri 1 Bokat dan yang dijadikan sampel sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XAdan dijadikan sampel kelas control yaitu kelas XB.Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes uraian yang berjumlah 15 butir soal untuk masing-masing kelas. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa kedua kelas yang di jadikan sampel penelitian benar-benar normal dan homogen.hal ini dibuktikan dengan uji normalitas data yaitu data untukvariabel X-1nilai X2 hitung< X2 tabelatau5,360< 15.086, dan untuk variable X-2 nilai X2 hitung< X2 tabelatau4,909
Download berkas