Penulis / NIM
FINARSI LAMALANI / 451411034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Abstrak
ABSTRAK
FINARSI LAMALANI. NIM: 451 411 034. Meningkatkan Hasil Belajar siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Diintegrasikan Dengan Model Pq4r (Priview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Mata Pelajaran Geografi di kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo . Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Geografi Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I oleh Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II oleh Dr. Sunarty S. Eraku, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil Belajar siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Diintegrasikan Dengan Model Pq4r (Priview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Pada Mata Pelajaran Geografi. Penelitian ini mengacu pada desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan kegiatan siswa, dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini yaitu pada siswa kelas X IIS4 SMA Negeri 3 Gorontalo yang berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I pengamatan kegiatan guru untuk aspek yang memperoleh kategori sangat baik dan baik adalah 43,74%, pada kegiatan siswa aspek yang memperoleh kategori sangat baik dan baik adalah 46,14% dan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 70%. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas pada siklus I ini dapat dikatakan belum mencapai ketuntasan indikator kinerja yang telah ditetapkan, sehingga tindakan perlu dilanjutkan kesiklus selanjutnya atau siklus II. Pada siklus II pengamatan kegiatan guru untuk aspek yang memperoleh kategori sangat baik dan baik mengalami peningkatan 93,95%, Pada kegiatan siswa aspek yang memperoleh kategori sangat baik dan baik adalah 84,6% dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 95%, yang artinya penelitian tindakan kelas ini telah berhasil dengan dilaksanakannya tindakan perbaikan pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share diintegrasikan dengan model pq4r (priview, question, read, reflect, recite, review) pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 3 Gorontalo dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil Belajar, THINK PAIR SHARE diintegrasikan dengan PQ4R
Download berkas