Penulis / NIM
SELVIA LINMAS TRININGSIH / 451411036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Selvia L. Triningsih, NIM, 451411036. Pengaruh penggunaan model Quantum Learning dan teknik Mind Mapping (PetaPikiran) pada mata pelajaran Geografi pada materi lingkungan hidup terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kabila Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. 2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kabila, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan model Quantum Learning dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kabila dan sampel pada penelitian ini yakni kelas XI IPS3 dengan jumlah siswa 22 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IPS1dengan jumlah siswa 22 orang sebagai kelas kontrol. Skor rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dan teknik mind mapping mencapai nilai 86.093 dan 78.03 untuk hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning saja. Sedangkan uji t hipotesis dimana t_hitung=1,87>t_tabel=1,6794.
Kata Kunci :Quantum Learning teknik mind mapping, Hasil Belajar
Download berkas