Penulis / NIM
NI PUTU SUMAWARNITI / 451411037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Ni Putu Sumawarniti. Deskripsi Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X di SMA Negeri 3 Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi pendekatan saintifik pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 3 Gorontalo dan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui deskripsi pendekatan saintifik pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 3 Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan dengan menggunakan instrument penelitian yaitu lembar observasi keterlaksanaan RPP untuk mengamati aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IS2 SMA Negeri 3 Gorontalo yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian dari pertemuan pertama sampai dengan pertemuan ketiga memiliki jumlah persentase yang berbeda. Pada pengamatan aktivitas guru pertemuan pertama adalah 80%, pertemuan kedua adalah 88,3% dan pertemuan ketiga adalah 96,6%. Pada kegiatan siswa pertemuan pertama adalah 75%, pertemuan kedua adalah 81,25% dan pada pertemuan ketiga adalah 79,68%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa, siswa yang tuntas sebesar 76% dan untuk siswa yang tidak tuntas sebesar 24%. Dari data diatas, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran melalui pendekaatan saintifik dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dan hasil belajar siswa tinggi.
Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar.
Download berkas