Penulis / NIM
MADE YULI APRIANTI / 451411038
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Abstrak
ABSTRAK
Made Yuli Aprianti, 2015. Pengaruh Model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Vizualization Intellectualy) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Pada Topik Hidrosfer Di Kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Program Studi S1 Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Sunarty S.Eraku, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Vizualization Intellectualy) dengan yang menggunakan model pembelajran langsung pada materi Hidrosfer. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan test hasil belajar yang diberikan pada sampel penelitian, sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas X3 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas Xâ... sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Vizualization Intellectualy) sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajarn langsung. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk tes esai sebanyak 7 butir soal. Analisis data menggunakan analisis inferensial dengan kriteria pengujian hipotesis yaitu terima Hâ jika t_hitung < t_tabel atau tolak Hâ jika t_hitung > t_tabel. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis diperoleh nilai t_hitung6,0557 dan t_tabel 1,9895 dimana 6,0557 > 1,9895 sehingga Hâ berada pada daerah penolakan atau dengan kata lain menerima H1. Sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang di belajarkan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Vizualization Intellectualy) dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran langsung.
Kata Kunci : Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Vizualization Intellectualy), Hasil Belajar Siswa.
ABSTRACT
Made Yuli Aprianti, 2015. "The Influence of SAVI (Somatic Auditory Vizualization Intellectually). Learning Model toward Student' Learning Achievement in Geography Subcejt on Hydrosphere Topic at Class X of SMA Negeri 3 Gorontalo. Skripsi , Departement of Earth Sciences and Technology, Study Program of S1 Geography Education , Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Gorontalo. The principal supervisor was Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd and the co-supervisor was Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd.
The research aimed at investigating the difference of students' learning achievement taught by SAVI learning model and by direct learning model on hydrosphere topic. To reach the aim of this research, the research applied experimental method with Posstest Control Group Design. The technique of data collection was through test of learning achievement that had been distributed to samples of research. The samples of research consisted of class X3 as experimental class and X5 as control class. Experimental Class was taught by SAVI learning model, while control class was taught by direct learning model. The instrument of research was essay test consisted of 7 questions. The data analisys used inferential analisys with hypothesis test criteria was that H0 was accepted if tcount < ttable or H0 was rejected if tcount > ttable. Based on the research result and analisys, it gained value of tcount as 6,0557 and ttable as 1,9895 when 6,0557 > 1,9895. Thus, H0 was in rejection area, or in the other words, H1 was accepted. Therefore, it can be concluded that there was a difference of student's learning achievement that were taught by SAVI learning model and direct learning model
Keyword : SAVI (Somatic Auditory Vizualization Intellectualy ) Learning Model, Student's Achievement.
Download berkas