Penulis / NIM
WANTI LONDA / 451411040
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Abstrak
ABSTRAK
Wanti Londa, 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kartu Arisan Kelas X SMA Negeri I Limboto.Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Dan Teknologi Kebumian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hidrosfer melalui penerapan model pembelajaran Kartu Arisan Kelas X SMA Negeri I Limboto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X iis I dengan jumlah siswa yang diberikan tindakan selama penelitian sebanyak 29 siswa, yang terdiri dari 10 laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015, dan berlangsung dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan dan Evaluasi, serta analisis dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan peberian tes pada akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I menujukkan bahwa terdapat 16 dari 29 siswa dengan persentase 55,17 % yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 keatas. Persentase keberhasilan pada siklus I belum mencapai indicator keberhasilan yang telah ditetapakan. Sehingga perlu dilajutkan ke siklus berikutnya. Pada siklus II terdapat 23 dari 29 siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 keatas dan telah mencapai ketuntasan dengan persentase sebesar 79,31%, dengan demikian hasil capaian siswa pada siklus II sudah memenuhi indicator keberhasilan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dismpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Hidrofer dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Kartu Arisan.
Kata kunci : Hasil belajar, Hidfosfer, Pembelajaran Kartu Arisan
Download berkas