Penulis / NIM
HAFIFA JOHAR / 451411041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Hafifa Johar NIM 451 411 041."Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajara Kooperatif Tipe Outdoor Learning Pada Materi Lingkungan Hidup Di Kelas XI SMA Negeri 1 Suwawa".Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi dengan materi lingkungan hidup melalui model Outdoor Learning di SMA Negeri 1 Suwawa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Suwawa pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 kelas XI IPS 3. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran koperatif melalui pendekatan Outdoor Learning. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model koperatif tipe Outdoor Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Suwawa dengan pokok bahasan lingkungan hidup.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar terhadap siswa dengan menggunakan model Outdoor Learning. Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus II di mana dari 25 siswa terdapat 21 siswa yang mendapat nilai dari 84% atau yang mendapat nilai 75 ke atas khususnya pada mata pelajaran geografi materi lingkungan hidup.
Kata kunci: Outdoor Learning, Hasil Belajar
ABSTRACT
Hafifa Johar, Student Id. 451 411 041. ''Increasing Students' learning Enviroment using Outdoor Learning type of coopeartive learning in Living Enviromnment Topic at Grade XI in SMA Negeri 1 Suwawa''. This research aims at increasing students' learning achievement in living environment topic trough Outdoor learning model at SMA Negeri 1 Suwawa. This is a classroom action research which is conducted in SMA Negeri 1 Suwawa in event sesmester of 2015/2016 academic year at grade XI IPS 3. This research is conducted by applying cooperative learning model through outdoor learning approach. Problem statement of this research is whether or not the application of Outdoor Learning Type of Cooperative learning increases students' learning achievement at SMA Negeri 1 Suwawa in living environment topic.
Findings show tht there is an increase of students' learning achievement trough the aplication of outdoor learning model. It can be seen by the result of cycle II when there are 21 out of 25 students or 84% who gian score of 75 and above particularly in living environment topic of social science subject.
Keywords: Outdoor Learning, Learning Achievement
Download berkas