Penulis / NIM
YULINDA A. MUSADA / 451411043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUNARTY SULY ERAKU, S.Pd, M.Pd / 0003097003
Pembimbing 2 / NIDN
AHMAD ZAINURI, S.Pd, MT / 0021077302
Abstrak
ABSTRAK
Yulinda. A. Musada. Nim. 451411043. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi SMA Prasetya Gorontalo. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. Sunarty S. Eraku, M.Pd; (II) Ahmad Zainuri, S.Pd, M.T
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Learning Together dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran geografi kelas XI di SMA Prasetya Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Gorup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Prasetya Gorontalo Tahun Pelajaran 2017/2018 dan Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara tehnik cluster simple random sampling. Data yang terkait dianalisis dengan Uji thitung sebesar 3,865 yang ternyata signifikan. Selanjutnya model Learning Together memiliki skor rata-rata postes adalah 71,56 sedangkan model pembelajaran Snowball Throwing memiliki skor rata-rata postes adalah 56,32. Dari hasil analisis data bahwa perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Learning Together dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing.
Kata Kunci: Learning Together, Snowball Throwing, dan Hasil Belajar
Download berkas