Penulis / NIM
NINING MONOARFA / 451411044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
Dr.Eng SRI MARYATI / 0026038203
Abstrak
ABSTRAK
Nining Monoarfa, 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi, Skripsi, Prodi Pendidikan Geografi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd, Pembimbing II Dr. Eng. Sri Maryati, S.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing dengan kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share pada Mata Pelajaran Geografi. Sampel dalam penelitian adalah pada kelas ekperimen X1 dan kelas kontrol adalah X2. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes uraian. Skor rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing adalah X ...1= 28,1 dan skor rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share adalah X ...2= 24,5. Selanjutnya data diuji normalitasnya dan homogenitas dengan menggunakan chi-kuadrat ' = 0,05. Dengan hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yakni thitung = 2,27 dan ttabel = 2,03 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan pengujian statistik disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share.
Kata Kunci: Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing, Think Pair share, Hasil Belajar
Download berkas