Penulis / NIM
ZULKIFLI APRILIANSYAH B. HASAN / 451411045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr FITRYANE LIHAWA, M.Si / 0009126902
Pembimbing 2 / NIDN
DAUD YUSUF, S.Kom, M.Si / 0015047909
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Gorontalo dengan rumusan masalah bagaimana Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sumber Daya Alam menggunakan Aplikasi Swishmax Yang Diintegrasikan Dengan Proshow. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sumber Daya Alam menggunakan Aplikasi Swishmax Yang Diintegrasikan Dengan Proshow. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan nilai validasi media yang diberikan oleh validator I dengan kategori sangat baik adalah 95 %, kategori baik 5 %. Validator II memberikan penilaian kategori sangat baik 37,50 % dan kategori baik 62, 50 %. Kategori cukup 27, 50 %, kategori baik 67, 50 % dan 2,50 % kategori sangat baik diberikan oleh Validator III. Siswa menyatakan animasi sumberdaya alam sangat menarik, adalah 50,09%, siswa menyatakan animasi sumberdaya alam menarik, adalah 36,55%, siswa menyatakan animasi sumberdaya alam cukup menarik, adalah 12,24%, siswa menyatakan animasi sumberdaya alam tidak menarik, adalah 1,11%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media animasi sumberdaya alam dapat digunakan untuk dan pembelajaran terkait materi sumberdaya alam.
Kata Kunci : Pembelajaran Interaktif Sumberdaya Alam, Aplikasi Swishmax, Aplikasi Proshow
Download berkas