Penulis / NIM
DEWI WIDIASTUTI / 451411050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. NAWIR N. SUNE, M.Si / 0001116308
Pembimbing 2 / NIDN
NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
DEWI WIDIASTUTI. 2015. Hubungan Antara Persepsi Siswa Dalam Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 3 Gorontalo (Suatu Penelitian Survei Dengan Pendekatan Korelasional Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 3 Gorontalo Pada Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi, Jurusan Ilmu Dan Teknologi Kebumian, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing: (1) Dr. Nawir Sune, M.Si, (2) Nova E. Ntobuo, S.Pd, M.Pd
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara persepsi siswa dalam pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa X di SMA Negeri 3 Gorontalo tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 134 yang tersebar pada 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara Proportional Random Sampling sebanyak 25% dari banyaknya populasi sehungga diperoleh sampel sebanyak 34 orang. Data tentang persepsi dalam pengelolaan kelas dan motivasi belajar diperoleh berdasarkan angket yang diisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 3 Gorontalo. Dari koefisien product moment sebesar 0,594 dan menghasilkan koefisien determinansi 35,28%. Ini berarti kemampuan persepsi siswa dalam pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi memberikan kontribusi sebesar 35,28%, sedangkan 64,71% motivasi belajar siswa dipengaruhi faktor-faktor lain seperti kemampuan intelektual, minat, dan bakat siswa.
Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar, Geografi
Download berkas