SKRIPSI

Penulis / NIM
MUHAMAD ARIEF RIKISMAN / 451411061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GEOGRAFI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ENOS TARUH, M.Pd / 0012085908
Pembimbing 2 / NIDN
NURFAIKA, S.Si, M.Sc / 0002028302
Abstrak
ABSTRAK Muhamad Arief Rikisman, 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatof Tipe Co-Op Co-Op Dalam Pembelajaran Geografi Pada Materi Hidrosfer (Suatu penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 4 Gorontalo). Skripsi, Jurusan Ilmu dan Teknologi Kebumian, Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Bapak Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd sebagai Pembimbing I dan Ibu Nurfaika, S.Si, M.Sc sebagai Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatof Tipe Co-Op Co-Op sedangkan kelas kontrol menggunakan Model Pembelajaran Langsung pada materi Hidrosfer. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan test hasil belajar yang diberikan pada sampel penelitian, sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas X6 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatof Tipe Co-Op Co-Op sedangkan kelas kontrol menggunakan Model Pembelajaran Langsung. Dalam pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan pengujian normalitas terhadap data untuk mengetahui apakah data tersebut berdistribusi normal sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan dengan menggunakan statistik Parametrik. Pengujian normalitas data menggunakan uji statistic chi-kuadrat untuk pasangan hipotesis nol Hâ dan tandingannya Hâ dengan taraf signifikan = 0,05. Hasil pengujian menunjukan bahwa x_hitung^2 < x_tabel^2 yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 3,449 < 11,070 dan untuk kelas control sebesar 1,023 â 9,488. Data hasil penelitian ini menunjukan bahwa kedua kelas data tersebut dapat terdistribusi secara normal. Berdasarkan hasil pengujian normalitas data, maka rata-rata skor hasil belajar siswa dengan menggunakan statistic uji t. dari hasil pengujian hipotesis di dapatkan t_hitung > t_tabel yaitu 6,58 > 2,02. Sehingga dari hasil ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatof Tipe Co-Op Co-Op sedangkan kelas kontrol menggunakan Model Pembelajaran Langsung. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-Op Co-Op, Hasil Belajar. ABSTRACT Muhamad Arief Rikisman, 2015. The Effect of Implementation of Cooperative Learning Model Type Co-Op Co-Op in Geography Subject on Hydrosphere Topic. An Experimental Study conducted at SMA Negeri 4 Gorontalo. Skripsi Earth Science and Technology Department, Geography Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The principal supervisor was Prof. Dr. Enos Taruh, M.Pd and co-supervisor was Nurfaika, S.Si, M.Sc. This research was aimed at finding out the difference of students' achievement which had been implemented Cooperative Learning Model Type Co-Op Co-Op and the control class which used Direct Learning model on hydrosphere topic. To reach the aim, the researcher used experimental method by Posstest Control Group Design. Technique of collecting the data was used the result of students' achievement test of research samples, which consisted of two classes, namely Class X6 was as the experimental class and class X5 was as the control class. Experimental class was the class which implemented Cooperative Learning Model Type Co-Op Co-Op while control class implemented Direct Learning Model In hypothesis testing, initially homogeneity and normality tests were conducted towards the data in order to find out whether those data were normally distributed, so hypothesis test could be carried out by using Parametric statistic. Normality test used Chi-Square statistic for the hypothesis H0 and H1 by level of significance = 0,05. The result showed that x2count < x2table, for the experimental class 3.499 < 11.070 and for the control class 1.023 â 9.488. the result of the data showed that both data classes could be normally distributed. Based on the normality test, the average of students learning achievement score by using t-test, it was found that t count > t table, 6.58 > 2.02. Therefore the research proved that there was a difference between students' achievement which used Cooperative Learning Model Type Co-Op Co-Op and control class used Direct Learning Model. Key Words : Cooperative Learning Model Type Co-Op Co-Op, Students learning achievement.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011